Bekasi, 15 Juli 2024 - Universitas
Islam 45 (UNISMA) Bekasi melalui UPT MKU-MKI menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan
dengan tema "Kiat Memulai Usaha dan Memanfaatkan Pemasaran Digital".
Seminar ini diadakan di ruang Seminar lantai 3 gedung Pascasarjana dan dihadiri
oleh mahasiswa semester 4 yang mengambil mata kuliah kewirausahaan.
Acara ini dibuka oleh Rektor
Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi, Dr. Amin, S.Pd., M.Pd., yang memberikan
sambutan serta motivasi kepada para peserta untuk aktif mengembangkan jiwa
kewirausahaan. “Sejalan dengan visi-misi kampus, mata kuliah kewirausahaan merupakan
mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa lintas prodi di UNISMA Bekasi. Menjadi
seorang pebisnis atau pengusaha tidak hanya berbicara tentang Fakultas Ekonomi
saja, melainkan multidisiplin ilmu dari pelbagai prodi. Setiap insan dapat
menjadi wirausaha dibidangnya masing-masing.
Kemudian Ketua Pelaksana Seminar,
Dosen Kewirausahaan, Annafi Indra Tama, S.Pd., M.Si., menyatakan bahwa seminar
ini merupakan bagian dari rangkaian gebyar kewirausahaan. "Setelah
sebelumnya mahasiswa belajar teori di kelas, kami adakan Gebyar Kewirausahaan.
Pada Gebyar ini mahasiswa membuat simulai usaha, dan kemarin ada 20 stand entrepreneur. Setalah mengalami
langsung bagaimana merencanakan membuat usaha, sampai proses penjualan, hari
ini kita mengundang praktisi profesional untuk berbagi pengalaman dan ilmu,
memberikan inspirasi serta motivasi kepada mahasiswa," ungkap Annafi Indra
Tama, S.Pd., M.Si.
Seminar ini menghadirkan dua narasumber berpengalaman di bidangnya. Narasumber pertama, Kurniawan Mahdi, S.Kom., merupakan owner PT Sinergi Cakra Sinatria yang bergerak di bidang pembuatan software, konsultan IT, dan pengadaan hardware. Dalam sesinya, Kurniawan berbagi pengalaman mengenai pentingnya administrasi dan dokumentasi, legal hukum, serta adaptasi dalam bisnis. "Bisnis selalu berkembang, maka adaptasi diperlukan. Bijak dalam memilih partner bisnis juga sangat penting, karena bisnis bukan berarti semua dikerjakan sendiri, tetapi harus membangun tim," kata Kurniawan Mahdi, S.Kom.
Narasumber kedua, Aldino, S.A.B., MA., owner Millenial Wedding Planner dan Organizer, yang juga berprofesi sebagai dosen dan public speaker, memberikan sudut pandang lain dalam bisnis digital. Ia membahas tentang membangun branding digital dan memanfaatkan media sosial. "Jangan malu untuk posting di media sosial. Apapun yang kita jual dalam bisnis. Mau profit besar atau kecil, posting! Lalu setiap platform memiliki perilaku yang berbeda, maka buatlah konten yang berbeda untuk setiap platform. Tim kreatif sangat diperlukan untuk mengelola setiap platform," jelas Aldino, S.A.B., MA.
Kedua narasumber menyepakati bahwa membuat bisnis penting memperhatikan modal, baik modal SDM maupun modal dalam bentuk materi (uang, bahan baku, dll.). Setelah pemateri masing-masing menjelaskan materinya, acara dilanjutkan pada sesi diskusi. Diskusi berjalan dengan aktif, terlihat banyaknya peserta seminar yang mengajukan pertanyaan untuk diskusi dengan para narasumber. Kemudian acara pun ditutup pada pukul 13.00 wib.
Seminar ini diharapkan dapat
memberikan bekal dan motivasi kepada mahasiswa UNISMA Bekasi untuk memulai
usaha mereka sendiri dan memanfaatkan pemasaran digital secara efektif.
Hadirnya narasumber dari praktisi, diharapkan mampu memberikan inspirasi pengalaman
nyata bagaimana melakukan usaha berbasis digital saat ini. (humas)