Agama Islam
Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Pertanian
Ekonomi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Teknik
Komunikasi bahasa dan sastra
Pasca Sarjana
Adm dan Layanan Akademik (DALA)
Administrasi Umum dan Keuangan (DUK)
Pengembangan Akademik (DIPA)
Pengembangan Usaha dan Kerjasama (DPUK)
Pengembangan Kemahasiswaan & Alumni (DIKA)
Teknologi Informasi dan Komunikasi (DTIK)
LPPM
P3AFE
UNIPREUNER
LKHI
LPOM
LPDIKA
PLP
SAINSTECH
CDC
Kantor Penjamin Mutu (KPM)

DOWNLOAD INFORMASI BIAYA KULIAH UNISMA BEKASI TAHUN AKADEMIK 2014-2015

DIREKTORAT ADMINISTRASI DANLAYANAN AKADEMIK

Kebijakan
Sesuai Surat Keputusan Rektor UNISMA Bekasi Nomor 011/SK/UNISMA/RT/II/2006 tentang Pemberlakuan  Statuta Universitas Islam “45” UNISMA Bekasi tahun 2006 bahwa Direktorat adalah satuan pelaksana administrastif pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan pelayanan administrative yang meliputi administrasi akademik, keuangan, umum dan kemahasiswaan, salah satu direktorat yang ada di Universiyas Islam “45” (UNISMA) Bekasi adalah Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik (DALA).
Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik (DALA) mempunyai visi, misi, tujuan, sasaran dan kebijakan strategis yaitu :

VISI
Dengan spirit Islam pada tahun 2013 menjadi pusat layanan yang memenuhi standar mutu layanan, yang berbasis teknologi informasi serta mampu memenuhi harapan pihak-pihak pengguna.

MISI

  1. Menciptakan layanan administrasi akademik yang prima
  2. Meningkatkan sarana layanan administrasi akademik guna menunjang sistem layanan
  3. Mewujudkan kepuasan layanan administrasi akademik kepada mahasiswa, dosen, karyawan, mitra kerja dan pengguna lulusan

TUJUAN

  1. Menginformasikan aturan dan prosedur layanan administrasi akademik, keuangan kepada mahasiswa, dosen, karyawan, mitra kerja dan pengguna lulusan.
  2. Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi staf layanan dengan mengikutsertakan dalam kursus-kursus, pelatihan-pelatihan yang menunjang layanan.
  3. Menggunakan layanan dengan sistem on line

SASARAN

  1. Tercipranya sistem layanan dan prosedur administrasi akademik, keuangan mahasiswa
  2. Terwujudnya sumber daya manusia yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi sebagai staf layanan.
  3. Tersedianya sarana layanan administrasi akademik guna menunjang sistem layanan on line
  4. Terlayaninya kepuasan layanan kepada mahasiswa, dosen, karyawan, mitra kerja dan pengguna lulusan
KEBIJAKAN STRATEGIS
Peningkatan layanan DALA

Kelembagaan
Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik (DALA) dipimpin oleh seorang direktur yang bertanggungjawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik. Dalam menjalankan tugasnya direktur dibantu oleh manajer akademik yang membawahi para staf. Direktur dan manajer diangkat dan diberhentikan oleh rector serta masa jabatan adalah 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali. Direktur mempunyai tanggungjawab terhadap pengembangan SDM, pengembangan unit, pengembangan universitas serta mempunyai ruang lingkup yang jelas. Adalah sebagai berikut :
 
Pengembangan SDM
Pembinaan kemampuan pegawai, peningkatan produktivitas kerja pegawai, terbentuknya team work yang baik dan terciptanya suasana yang kondusif.

Pengembangan Unit
Tersusunnya rencana dan laporan pelaksanaan program kerja tahunan, tersusunnya pedoman atau system pelayanan teknis dan administrative, terselenggaranya pelayanan teknis dan administrative, terselenggaranya administrasi perkantoran dan tertib arsip serta meningkatnya kepuasan pengguna layanan

Pengembangan Universitas
Membantu penyiapan administrasi akademik mahasiswa dalam proses peningkatan status program studi, menjaga dan menegakkan nilai-nilai institusi untuk merealisasikan visi dan misi UNISMA, membangun sholat berjamah dan meneladani kehadiran olahraga, pengajian bulanan, rapat serta kegiatan lainnya.

Ruang Lingkup :
Administrasi Registrasi Mahasiswa
Administrasi Perkuliahan
Administrasi Ujian dan Nilai
Layanan Administrasi Mahasiswa
Administrasi Ijazah dan Transkrip
           
Adapun tugas pokok dari masing-masing bagian adalah sebagai berikut :
Administrasi Registrasi Mahasiswa :
Persiapan registrasi mahasiswa lama, pelaksanaan registrasi tahap I dan II, pelayanan pembayaran bimbingan skripsi, sidang skripsi, semester pendek dll, pengimputan dan pengarsipan struk bank serta merekap data registrasi mahasiswa perbulan.

Administrasi Perkuliahan :
Membuat form kesediaan mengajar dan menyerahkan sebaran mata kuliah sesuai kurikulum yang diberikan kepada para Ketua Program Studi untuk menentukkan dosen pengampu mata kuliah, mengkomunikasikan hari dan waktu pada dosen pengampu, menentukan ruang/kelas untuk kuliah, mengimput KRS dan membuat DHMD, membuat SK mengajar Dosen, membuat Kartu peserta UTS dan UAS dan merekap kehadiran dosen per semester

Administrasi Ujian dan Nilai :
Mempersiapkan Ujian (UTS/UAS) (membuat daftar hadir dan nilai, membuat jadwal ujian, mengumpulkan, menggandakan dan memasukkan soal dalam  amplop), pelaksanaan ujian, menerima nilai UTS dan UAS dari dosen, mengimput nilai, membuat Kartu Hasil Studi dan transkrip, merekap IP mahasiswa per PA, IP rata-rata persemester dan mengarsipkan soal, nilai, berita acara ujian.

Layanan Administrasi Mahasiswa :
Menerima dan mengecek administrasi mahasiswa baru, memberikan layanan permintaan surat mahasiswa, mengagendakan surat masuk dan surat keluar dan mengarsipkan surat-surat, mengimput Laporan EPSBED DIKTI, menyiapkan dan mengimput Laporan Kopertais.

Administrasi Ijazah dan Transkrip Akademik :
Menerima laporan kelulusan dari fakultas, membuat Surat Keputusan Kelulusan, memproses pembuatan ijazah dan transkrip akademik, memberikan layanan legalisir ijazah, trankrip akademik dan melayani pengambilan ijazah serta transkrip.

Struktur Organisasi DALA UNISMA Bekasi

 

 

Susunan Struktur Organisasi DALA UNISMA

Direktur                      : Ratna Emaliah, S.Sos., M.Si
Manajer Akademik     : Darmansyah, SE

Staf-staf :

1. Administrasi Registrasi Mahasiswa :

  1. Adiyati Mayang Halida., AMd
  2. Erna Marliana, A.Md
  3. Nur Fadilah

 

2. Administrasi Perkuliahan :

  1. Rofikoh, A.Md
  2. Deslina
  3. Jajang Suwardi

3. Administrasi Ujian dan Nilai :
     a.  Rita Rosita, S.Pd.
      b.  Dini Fitriani, A.Md
      c.  Tiu Illia Widia Putri
      d.  Emi Yuliati, A.Md

4. Layanan Administrasi Mahasiswa :

  1. Nila Milki.
  2. Lukman Hakim
  3. Sisferi

5.Ijazah dan Transkrip
    Retna Diah Marlangen, A.Md.

    :: LOGIN ALUMNI ::
Login:
Password:
Register
    :: POJOK DOSEN :: |  INDEX
26/07/2013
Oleh: Mohammad Sabeni, Drs. MA
PENTINGNYA SISTEM PENJAMINAN MUTU INTENAL (Bagian 2)
...

Format Materi Pembelajaran yang anda inginkan?
Dokumen dalam bentuk pdf/Latex
Simulasi Interaktif /Powerpoint/Flash
realtime online
           Hasil Pooling